rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Imam Madinah Sindir Jamaah Indonesia

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Syekh Prof. DR. Sulaiman Ar Rohaily. Imam besar masjid Nabawi asal Madinah menyindir jamaah haji/umroh asal Indonesia yang suka selfie depan dan dalam masjid, berpura-pura berdoa lalu disharekan.  Pertanyaannya, apakah cuma jamaah Indonesia yang suka berbuat demikian? Sepengetuan saya tidak. Sebab banyak juga jamaah dari negara lain yang juga suka berbuat demikian.

Lalu, mengapa jamaah Indonesia yang kena sasaran? Karena jamaah asal Indonesia yang paling banyak, baik jamaah umroh maupun jamaah haji.

Namun demikian sindiran tersebut pantas kita jadikan sebagai bahan evaluasi. Sebab, kadang bukan cuma jamaah yang selfi tetapi pembimbing umroh dari Indonesia melakukan live dari sosial media yang dia miliki. Sungguh prihatin kadang saat-saat melaksanakan rukun umroh seperti tawaf dan sa'i sebelah tangan dengan tongsis melakukan siaran langsung. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

الطوافُ بالبيتِ صلاةٌ ، إلا أنَّ اللهَ أباحَ فيهِ الكلامَ ، فمن تكلّمَ فيهِ فلا يتكلمْ إلا بخيرٍ

“Thawaf di Baitullah adalah (seperti) shalat, namun Allah bolehkan berbicara di dalamnya. Maka barangsiapa yang mau berbicara, hendaknya tidak berbicara kecuali yang baik-baik” (HR. Ad Darimi no. 1889)

Pagar Dewa, 06052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait