rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Jangan Mudah Menyimpulkan

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Berapa lama kita, selama itu pulalah ujian berlangsung. Kita diberi harta berlimpah, jabatan tinggi itu adalah ujian. Bisa juga dengan kondisi ekonomi yang serba pas-pasan, masalah banyak silih berganti pun ujian. Maka itu hadapi ujian masing-masing tidak perlu mengusik ujian pada siapapun atau orang lain.

Jangan menanamkan prasangka orang yang jahat tidak punya masa depan dan jangan pula berprasangka pada orang yang kita pandang baik tidak punya masa lampau. Rasulullah bersabda

لَيَبْلُغَنَّ هذَا اْلاَمْرُ مَا بَلَغَ الَّيْلَ وَالنَّهَارُ وَلاَيَتْرُكُ اللهُ بَيْتَ مَدَرٍ وًلاَوَبَرٍ اِلاَّاَدْخَلَهُ اللهُ هذَا الدِِّيْنَ , بِعِزِّعَزِيْزٍ , اَوْبِذُلِّ ذَلِيْلٍ , عِزًّايُعِزُّاللهُ بِهِ أَلاِسْلاَمَ , وَذُلاَّيُذِلُّ بِهِ الْكُفْرَ ,,

“Sungguh agama Islam ini akan sampai ke bumi yang dilalui oleh malam dan siang. Allah tidak akan melewatkan seluruh kota dan pelosok desa, kecuali memasukkan agama ini ke daerah itu, dengan memuliakan yang mulia dan merendahkan yang hina. Yakni memuliakan dengan Islam dan merendahkannya dengan kekufuran”.

Acap kali manusia senantiasa membuat kesimpulan terhadap orang lain, berprasangka dengan orang lain, tetapi jarang membuat kesimpulan terhadap diri sendiri. Sayyidina Umar RA, kata Imam Al-Ghazali, menganjurkan kita untuk melakukan muhasabah. “Hendaklah kalian lakukan muhasabah atas diri kalian sebelum kalian dihisab. Timbanglah perbuatan kalian sebelum ia kelak ditimbang.” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin)

Pagar Dewa, 14062023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait