rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Wisuda PAUD, SD, SMP dan SMA

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Sedang menjadi topik pembicaraan yang serius hingga Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji ikut angkat bicara dan jagat maya ramai membahas mengenai pelaksanaan wisuda di tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebagian warganet menginginkan kegiatan wisuda atau pelepasan siswa di tingkat sekolah itu ditiadakan dan wisuda hanya dilakukan di tingkat pendidikan tinggi saja.

Mengapa? Karena dinilai kurang bermanfaat dan hanya menghabiskan uang saja. Dan tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan tentang besaran uang yang dipungut untuk acara wisuda ini. Makna wisuda tidak sebanding dengan biaya yang mereka keluarkan karena kebututuhan mereka yang lebih penting jauh lebih banyak. Rasulullah pernah berdoa,

عَنْ عَائشةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ، مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَاشْقُقْ عَلَيْهِ، وَمَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ

Dari ‘Aisyah berkata, Rasulullah bersabda, “Ya Allah, Barang siapa  yang mengurusi urusan umatku, lantas dia membuat susah mereka, maka susahkanlah dia. Dan barang siapa yang mengurusi urusan umatku, lantas dia mengasihi mereka, maka kasihilah dia.”

Memang hal semacam ini akan jadi rumit ketika wisuda sekolah dilarang. Sebab, disamping sekolah yang dikelola pemerintah ada juga sekolah swasta merupakan lembaga pendidikan yang dikelola masyarakat memiliki kemandirian dan keleluasaan dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk soal penggunaan anggaran. Mereka bebas bisa mengatur acara, nama dan istilah dalam perpisahan bahkan bisa menjadi icon bagi sekolah tersebut. Lalu apa langkah kita? Tentu butuh suara dari masyarakat. Maka, bersuaralah.

Pagar Dewa, 20062023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait