rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Faktor-faktor Penyebab Retaknya Rumah Tangga (Bag. 1. Ekonomi)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Faktor ekonomi ini menduduki tangga paling atas dari faktor penyebab rusaknya berumah tangga. Inti utamanya adalah uang. Walaupun uang bukan segala-galanya tetapi segala-galanya akan beres dan aman bila ada uang.

Banyak hal terkait masalah keuangan atau ekonomi ini. Bisa jadi karena suami tidak mempercayai isteri untuk memegang uang sehingga setiap hari suami memberi istri uang belanja sesuai kebutuhan harian. Boleh jadi juga istri yang terlalu boros ketika semua penghasilan suami diserahkan kepada istri. Pun tidak tertutup kemungkinan adanya perbedaan besar/kecil penghasilan antara suami istri bisa menyebabkan rumah tangga menjadi retak.

Perbedaan pandangan dalam menata ekonomi keluarga juga bisa menyebabkan selalu ribut. Semisal, suami berprinsip berapa ada uang nikmatilah. Andaikata habis, nanti cari lagi. Sementara istri ingin berhemat untuk ditabung demi masa depan. Masih banyak masalah lain terkait keuangan ini misalnya terlibat perjudian, atau terlalu sering belanja online dan entah apalagi. Solusi dari semuanya adalah keterbukaan dalam mengatur keuangan keluarga dan disiplin atas kesepakatan yang dibangun bersama. Insha Allah.

Pagar Dewa, 06092022

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait