rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Perjalanan Umroh Januari 2023 Hari ke 6

 


GUDATAnews.com, Madinah - Usai sudah kegiatan di Madinah. Maka selanjutnya adalah cerita selama di Mekkah. Sebelum keberangkatan ke Mekkah Al Mukaromah semua jama'ah berkumpul untuk pembekalan atau manasik singkat untuk perjalanan ke Mekkah.

Ke Mekkah adalah puncak perjalanan Umroh sebab diawali dengan mandi untuk berihram, mengenakan pakaian ihram dan memasang niat untuk berumrah serta beberapa hal yang harus ditaati terkait semasa masih menggunakan kain ihramnya. Yakni jangan rafats, jidal dan fusuq. Mengutip pendapat Ibnu Abbas ketika ditanya tentang rafats, fusuq, dan jidal.

 عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , رَضِيَ الله عَنْهُمَا , قَالَ : {فَلاَ رَفَث} ؟ قَالَ : الرَّفَثُ : الْجِمَاعُ ؟ {وَلا فُسُوقَ} ؟ قال : الْفُسُوقُ : الْمَعَاصِي ، {وَلاَ جدَالَ في الحَجِّ} ؟ قال : الْمِرَاء.

“Dari Ibnu Abbas Ra. berkata: rafats berarti berhubungan seks, sedangkan fusuq berarti maksiat, dan jidal berarti berbantahan.”

Umroh membutuhkan fisik yang kuat karena perjalan dengan menggunakan bus Madinah ke Mekkah membutuhkan waktu mencapai 6 jam. Setelah itu melaksanakan tawaf dan sa'i kegiatan yang membutuhkan tenaga. Maka, bagi yang kondisinya sudah sepuh atau terganggu dalam hal berjalan semisal sakit kaki atau tidak sanggup karena faktor umur atau hal lain. Boleh bagi yang demikian menggunakan kursi roda dan dengan tenaga manusia didorong. Mereka yang mendorong harus kita bayar.

Madinah, 23012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait