rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Syahrush Shiyam

 

Buka puasa bersama. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Kita coba bahas satu persatu penamaan lain dari bulan Ramadhan. Sebab banyak sekali sebutan-sebutan lain selain bulan Ramadhan. Diantara yang sering kita dengar adalah syahrush shiyam, syahrul Tabiyah, syahrush mubaraq, syahrul maghfirah.

Hari ini mencoba memahami makna syahrush shiyam. Ada dua kata sering kita dengar dalam keseharian kita yakni kata shiyam dan kata shoum. Apa beda kedua kata tersebut? Kata shiyam hanya berarti berpuasa dengan menahan diri untuk tidak makan, minum dan bergaul dengan istri/suami sejak fajar sampai maghrib.

 


Sementara itu, shaum tidak hanya mencegah makan, minum dan bergaul dengan istri/suami tetapi juga harus mencegah bicara, mendengar, melihat dan bahkan pikiran dari hal-hal yang merusak ibadah puasa. Dengan memahami perbedaan makna kata tersebut maka, kita dituntut bukan cuma shiyam tetapi lebih dari itu yakni shoum. Hadits Rasulullah

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)."

Pagar Dewa, 25032023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait