rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Kapan Hari Raya Idul Fitri?

 

Melihat hilal saat matahari terbenam. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Pertanyaan itu muncul dari beberapa sahabat baik via WhatsApp, masanger dan ada juga telpon menanyakan kapan sebenarnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah ini? Bukan berarti tidak sabar atau tidak tahan puasa tapi karena berita yang menyebar ada yang mengatakan Jumat dan ada yang mengatakan Sabtu.

Muhammadiyah secara resmi sudah mengumumkan bahwa mereka Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada Jumat 21 April 2023 dan itu resmi. Sedangkan pemerintah belum mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri sebab hari ini Kamis. 20 April 2023 akan ada pengamatan hilal dari 123 titik se Indonesia. Laporan dari 123 titik tempat pengamatan hilal tersebut menjadi salah satu bahan bagi pemerintah untuk menentukan kapan jatuhnya 1 Syawal 1444 Hijriah.

 


Oleh karena itu, masyarakat bersabar menunggu hasil sidang isbat malam ini. Hasil sidang isbat ini menjadi pedoman untuk melaksanakan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H. Tentu ada dasarnya. Beberapa diantaranya adalah. Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

لاَ تَصُومُوا حَتَّى تَرَوُا الْهِلاَلَ ، وَلاَ تُفْطِرُوا حَتَّى تَرَوْهُ فَإِنْ أُغْمِىَ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُوا لَهُ فِي رِوَايَةٍ فَأَقْدِرُوا ثَلاَثِينَ

”Jangan kalian berpuasa sampai kalian melihat hilal, dan jangan berbuka sampai melihatnya lagi, jika bulan tersebut tertutup awan, maka sempurnakan bulan tersebut sampai tiga-puluh.” (HR Muslim).

Bagaimana menyikapi kalau ternyata berbeda penetapan 1 Syawal tahun ini? Bagaimana bila tidak punya atau menguasai keilmuannya? Ada dalil umum yang bisa dipakai, yaitu mengikuti ulil amri alias pemimpin.

Pagar Dewa, 20042023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait