rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Lucu Tapi Ini Nyata

 

Uang. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Lebaran bukan saja bagi para orang dewasa dan orangtua tetapi lebaran buat semua termasuk anak-anak yang belum mengenal apa-apa. Lebaran momen yang paling ditunggu buat anak-anak karena kemana saja mereka ber hari raya ke rumah sanak famili atau tetangga mereka disangoni lembaran uang kertas yang baru sampai puluhan bahkan ratusan ribu.

Hanya saja uang yang mereka terima nyaris mampir sesaat pada mereka sebab ibu mereka lebih kreatif membujuk anak-anak agar uangnya dititip pada ibu saja agar tidak hilang uangnya. Dan ini benar, rugi uang puluhan sampai ratusan ribu hilang begitu saja. Sebab anak-anak kalau main mereka mudah lupa, termasuk lupa berapa jumlah uangnya dan tadi disimpan dimana. Hanya saja kebiasaan ibu yang begini agak kurang baik sebab kadang menipu anaknya.

 


Solusinya seberapa banyak anak-anak mendapat uang dari siapapun sebaiknya ajar ia menabung atau membeli peralatan kebutuhan sekolah semisal sepatu, buku, tas sekolah atau dibuatkan tabungan khusus untuk anak yang bersangkutan. Mengajarkan anak agar tahu berhemat, tidak konsumtif dan jangan berlaku boros. Sebab Islam mengamanatkan agar pandai berhemat dan jangan boros.

Al Isra 27

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا

Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Pagar Dewa, 29042023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait