rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II - Bag 10. Tempat Penukaran Uang (Money Change)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Semakin mudah berbelanja di Tanah Suci Mekkah sebab disamping pelayan tokonya bisa berbahasa Indonesia (walaupun tidak seluruhnya) apalagi toko-toko yang di pinggir-pinggir jalan lalu lalang jamaah biasa mereka memperkerjakan karyawan yang bisa berbahasa Indonesia. Hal ini wajar, sebab jamaah haji yang terbanyak adalah dari Indonesia juga Malaysia yang bahasanya hampir mirip.

Disamping pelayan toko bisa berbahasa Indonesia juga mereka menerima pembayaran dengan uang rupiah. Sebaiknya sebelum belanja tanyakan dulu. Terima rupiah atau tidak. Bahkan lucunya mereka tidak menyebut rupiah tetapi uang Jokowi atau Jokowi 50 artinya 50.000 atau Jokowi 100 artinya 100.000. Ada juga beberapa toko khususnya di mall mereka lebih banyak menerima Riyal tidak dengan rupiah. Oleh karenanya kita tetap harus mengantongi Riyal.

Ada beberapa tempat Money Changer di depan Masjidil Haram diantaranya di samping WC 4 arah ke kanan kalau kita berhadapan dengan WC 4 lalu ada tulisan Bank lalu berjalan di lorong samping tulisan Bank tersebut. Kamudian ada juga di bawah hotel deretan hotel menuju ke terminal Kuday samping kanan tower Zamzam. Hanya saja tetap berhati-hati. Sebab baik di WC, saat tour wisata, saat belanja ada saja copet yang mengintai. Jangan bawa seluruhnya uang yang ada simpan di dalam koper di hotel. Insha Allah aman.

Pagar Dewa, 18052023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait