rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Jaga Nafsu

 

Foto: Mitradi HFA

GUDATAnews.com, Bengkulu - Ketika Al Gazali bertanya kepada muridnya tentang apa yang paling besar di dunia ini. Al Gazali menjawab sendiri pertanyaan tersebut. Bahwa yang paling besar adalah nafsu.

Oleh karena itu penting bagi kita bagaimana menjaga dan mengelola nafsu dalam menjalani kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Apa saja yang perlu kita jaga?

Jagalah nafsu dari beberapa kondisi dan keadaan. Ketika kita beramal, perlu kita jaga nafsu dari riya. Bilamana  mengambil hak, jaga nafsu kita dari sifat rakus. Saat memberi sesuatu kepada siapa pun, waspadai nafsu kita dari berharap balasan. Dan manakala kita belajar hidup berhemat, jaga nafsu dari sifat kikir. Rasulullah bersabda :

ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ وَ ثَلَاثٌ مُنْجِيَاتٌ فَأَمَّا ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ: شُحٌّ مُطَاعٌ وَ هَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ و ثَلَاثٌ مُنْجِيَاتٌ : خَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ والعلانيةِ وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى وَالْعَدْلُ فِي الْغَضَبِ وَالرِّضَا

 


Tiga perkara yang membinasakan dan tiga perkara yang menyelamatkan. Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah: kebakhilan dan kerakusan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan  seseorang yang membanggakan diri sendiri. Sedangkan tiga perkara yang menyelamatkan adalah takut kepada Allâh di waktu sendirian dan dilihat orang banyak, sederhana di waktu kekurangan dan kecukupan, dan (berkata/berbuat) adil di waktu marah dan ridha. [Hadits ini diriwayatkan dari Sahabat Anas, Ibnu Abbas)

Pagar Dewa, 31072023

Salam UJH.(Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait