rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Lulus Kuliah Jurusan Psikologi yang Prospektif

 

Calon Psikolog di Indonesia. (Foto: Dokumen)

GUDATAnews.com, Yogyakarta – Lulus dari bangku SMA sederajat  bingung dengan  jurusan apa nanti  sewaktu kuliah. Pastinya banyak orang yang merasakan hal tersebut. Dilema yang wajar dialami anak-anak yang baru tamat SMA sederajat untuk memilih jurusan yang tepat. Apalagi keputusan tersebut akan menjadi modal mereka dalam bersaing  mencari pekerjaan di masa depan.

Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan yang sangat menjanjikan. Faktanya dapat mendapatkan tempat yang besar di dunia pekerjaan dan bisa membaca pikiran orang. Memangnya psikolog itu seorang dukun? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara agar sukses masuk jurusan psikologi. Yuk, simak baik-baik ya.

Psikologi  adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Seseorang yang melakukan praktik psikologis disebut sebagai psikolog. Psikososial.  Ilmu ini juga mempelajari tentang alasan yang melatarbelakangi sikap dan perilaku yang dilakukan manusia.

Ilmu psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yaitu  mulai dari psikologi perkembangan, psikologi olahraga, psikologi sosial, psikologi faal, psikologi forensik, psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan, psikologi eksperimen dan psikologi yang lain.

Berikut ini beberapa cara bisa diterima kuliah di jurusan psikologi ampuh dan bisa diterapkan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan psikologi, antara lain:

Hal terpenting yang harus diperhatikan  sebelum masuk jurusan psikologi adalah mencari segala seluk beluk yang berhubungan dengan mata kuliah psikologi. Mengapa hal ini sangat penting? Sebab inilah yang menajdi dasar pegangan kita sebelum secara mantap memilih psikologi sebagai program studi di kuliah.

Keyakinan dan kemantapan yang kita miliki. Dengan memilki keyakinan bahwa kita benar-benar ingin dan mantap menjadi mahasiswa psikologi, maka segala bentuk halangan yang dihadapi sebelum ataupun selama dalam proses serangkaian tes psikologi yang dijalani, secara otomatis kita tetap melakukannya dengan ikhlas dan senang.

Matematika dan Biologi

Ketika kamu sudah yakin dan mantap untuk masuk dalam jurusan psikologi, maka cara yang harus kita lalui berikutnya adalah sering berlatih pelajaran matematika dan biologi. Masuk ke dalam jurusan psikolog bukan berarti kita akan terhindar dari kedua pelajaran ini.

Karena selama mengemban tugas sebagai mahasiswa psikologi, kita akan mempelajari Psikologi Faal atau Biopsikologi dan juga Statistika.  Tapi jangan khawatir, nggak seperti jaman SMA, saat kuliah kita boleh dong pakai kalkulator bahkan akan sangat akrab dengan software analisa statistik SPSS ( Statistical Package for the Social Sciences ).

Tips yang terakhir yaitu ketika kita memutuskan untuk masuk dalam jurusan psikologi, maka kita sudah memastikan bahwa jurusan ini sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Kemampuan ini bukan hanya meliputi kemampuan secara intelektual, tetapi juga kemampuan secara finansial. Dengan memiliki kemampuan yang mumpuni secara intelektual, maka ini akan mempermudah kita bisa lolos tes jurusan psikologi.

Sedangkan, kemampuan secara finansial harus juga kita miliki demi menunjang kebutuhan saat kuliah atau bahkan bisa digunakan untuk melanjutkan psikologi ke jenjang Magister Psikologi untuk semua lulusan S1 dari segala jurusan atau Magister Profesi Psikologi bagi semua lulusan S1 psikologi.

Demikian cara agar masuk jurausan psikologi. Tetap ingat bahwa apapun usaha kita tanpa adanya dukungan dan doa dari oarng-orang tercinta adalah sia-sia. Selamat berjuang untuk masuk jurusan psikologi. (Andika Robinson, Alumni Gudep KT-KS Bengkulu, Mahasiswa Jurusan Psikologi di Yogyakarta)

Artikel Terkait

Artikel Terkait