rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Merdeka Sampah

 

Sungai bersih akan jadi kotor akibat sampah. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Secara mayoritas memahami merdeka sampah adalah terbebas dari masalah sampah yang berserakan. Bagaimana upaya meng edukasi masyarakat tentang kesadaran masing-masing akan sampah sampai-sampai ada bonus bagi yang bisa menangkap basah siapa yang membuang sampah sembarangan.

Gerakan sadar sampah ini sangat sulit. Sebab sudah bagian dari budaya. Padahal Islam mengajarkan secara paripurna bagi ummatnya termasuk masalah sampah sebagaimana dalam hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yaitu:

الطهور شطر الإيمان

“Kesucian/bersuci merupakan setengah/ sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).

 


Hanya saja ini sulit terealisasi sebab belum membudaya untuk membuang sampah pada tempatnya, apalagi sampai memilah sampah sampah organik, anorganik, serta Bahan Berbahaya dan Beracun. Hingga hasilnya kita bisa lihat bagi yang perokok, habis rokoknya seenaknya saja membuang puntung rokoknya. Usai minum air kemasan semaunya saja membuang bekas minumannya. Padahal merdeka sampah adalah upaya menyadarkan agar tumbuh rasa tanggung jawab individu atas masing-masing sampahnya termasuk sampah-sampah dari masing-masing rumah tangga.

Jika tumbuh kesadaran masing-masing akan cara memperlakukan sampah bukan cuma bersih diri dan lingkungan lebih dari itu, jika mampu mengelola sampah dengan ilmu pengetahuan sampah bisa menjadi uang. Mulailah dari diri sendiri,  rumah tangga sampai pada lingkungan masing-masing. Insha Allah merdeka sampah akan terwujud dengan sendirinya. Sebagaimana pesankan Nabi Muhammad SAW , "Ibda' binafsik tsumma man ta'ulu".

Mulailah dari diri sendiri, kemudian orang di sekitarmu. 

Pagar Dewa, 12012023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait