rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Lupa

 

Jangan lupa shalat lima waktu. (Foto: Mitradi HFA)

GUDATAnews.com, Bengkulu - Salah satu sifat yang ada pada manusia ada lupa atau pelupa. Satu sisi sifat lupa banyak negatifnya yakni memyebabkan hal-hal buruk, kerugian bahkan bisa mencelakakan. Sisi lain mempunyai sifat lupa banyak juga positifnya. Seperti ditinggalkan oleh orang yang kita sayangi baik anak, orang tua, kakak adik atau suami isteri. Jika kita tidak diberi sifat lupa maka selamanya tidak bisa move on dari keadaan yang ada. Nabi pun memaklumi akan sifat lupa sebagai mana sabdanya.

Terhadap hukum-hukum Allah sekalipun itu haram tetapi lupa maka hukumnya tidak berdosa. Misalnya  terminum atau termakan sesuatu pada siang hari padahal kita sedang berpuasa. Maka hal tersebut tidak membatalkan puasa.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَال: «إِنَّ اللهَ تَجَاوَزَ لِي عَنْ أُمَّتِي: الخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ» حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَالبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُمَا.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah memaafkan umatku ketika ia tidak sengaja, lupa, dan dipaksa.” (Hadits hasan, HR. Ibnu Majah no. 2045)

 


Yang jangan sampai lupa adalah ibadah wajib shalat lima waktu. Jangan lupa bayar hutang bila sudah punya uang. Jangan lupa janji bila sudah berikrar dan jangan lupakan pertemanan, persaudaraan dan persahabatan saat jaya dan sukses. Semoga Allah senantiasa mengingatkan kita.

Pagar Dewa, 01032023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait