rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Tentang Hidup

Desa Sukorejo Musirawas di kaki Bukit Botak Sumatera Selatan. (Foto: Mitradi HFA)

 

GUDATAnews.com, Bengkulu - Kalau sekedar hidup. Semut dalam lubang batu juga hidup. Kalau masalah kerja burung tempua juga berhari-hari mengumpul helai demi helai rerumputan buat dijadikan sarang yang indah.

Allah jadikan kita dengan tugas teramat mulia yakni sebagai khalifah di muka bumi.

Tentu tugas ini sangat berat. Harus terwujud bentuk pengabdian yang tulus kepada Allah. Harus kita jaga alam dan sekitarnya agar selamat bumi ini buat anak cucu dan generasi penerus kita. Surat Al Baqarah ayat 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"."

 


Selayaknya burung tempua yang membuat sarang yang begitu indah. Manusia juga harus bekerja buka sekedar memenuhi hajat hidupnya tetapi juga buat persiapan di hari tua serta kelak bekal di akhirat sana. Itulah konsep berbagi pada sesama dalam bentuk wajib berupa zakat dan yang sunnah ada infaq, wakaf dan sedekah. Maka, itulah Allah tidak pasangkan kaya dengan miskin sebagai mana pasangan hidup dan mati, sehat dan sakit. Allah pasangkan kaya dengan cukup. Sebab yang kaya belum tentu merasa cukup.

وَاَنَّهٗ هُوَ اَغْنٰى وَاَقْنٰىۙ

dan sesungguhnya Dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.

Pagar Dewa, 28022023

Salam UJH. (Red)

Artikel Terkait

Artikel Terkait