rza3z0iXwfrhP0Bo61a36W2lz3i7Fxgii3ShC0NK

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Pesan Harian UJH: Haji Gelombang II - Bag 12. Prosesi Haji (Muzdalifah/Ambil Batu)

 


GUDATAnews.com, Bengkulu - Perjalanan lanjutan dari kemarin adalah ke Muzdalifah. Sampai di Muzfalifah melaksanakan shalat Maghrib dan Isya dengan Jamak Qashar. Muzdalifah adalah daerah terbuka di antara Mekkah dan Mina di Arab Saudi yang merupakan tempat jamaah haji diperintahkan untuk singgah dan bermalam setelah bertolak dari Arafah. Muzdalifah terletak di antara Ma’zamain Arafah dan lembah Muhassir.

Kegiatan selama di Muzdalifah ini adalah memungut batu koral sebagai bahan untuk melontar tiga jumrah. Total batu yang di ambil sebanyak 70 butir boleh lebih dari itu. Cukuplah sekira sebesar jempol tangan untuk ukuran batunya agar tidak terlalu berat.

Di Muzdalifah hanya beberapa jam disyaratkan bermalam namun setelah jam 00.00 jamaah sudah mulai berpindah ke depan atau pinggir jalan untuk naik bus yang akan mengantarkan jamaah ke Arofah. Di Muzdalifah hanya tersedia toilet tidak ada tenda, tidak ada ibadah dan amalan khusus, tetapi boleh bertalbiyah dan berdzikir. Pendapat lain mengatakan sunnahnya adalah segera tidur di awal malam (mabit muzdalifah) yang hukumnya wajib, jika tidak maka bayar dam haji. Jadi tidak boleh hanya sekedar lewat saja. Allah berfirman,

فَإِذَا أَفَضْتُمْ مِنْ عَرَفَاتٍ فَاذْكُرُوا اللَّهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ

“Maka apabila kamu telah bertolak dari ‘Arafat, berdzikirlah kepada Allah di Masy’aril haram (Muzdalifah)” (QS. Al Baqarah: 198).

Pagar Dewa, 20052023

Salam UJH. (Red)

 

Artikel Terkait

Artikel Terkait